Sabtu, 18 Maret 2017

Nama komponen dan fungsi Mainboard Laptop


Komponen Motherboard Laptop





Dikenal dengan sebutan ‘motherboard’, ‘mainboard’, ‘systemboard’, ‘baseboard’, atau ‘logic board’. Mainboard menyediakan sambungan listrik dimana komponen-komponen lain dari sistem komunikasi satu sama lainnya, juga menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya dan perangkat. Motherboard laptop atau papan circuit utama di setiap laptop tidak persis seperti papan sistem PC dekstop. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain , motherboard suatu brand laptop tidak bisa di ganti dengan mainboard brand lain.


1. Processor Laptop










   Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sebuah komputer laptop. Processor terhubung langsung ke mainboard melalui soket processor.

2. RAM Laptop


    RAM berfungsi sebagai penyimpanan data yang bersifat sementara. Ukuran slot memori laptop sangat berbeda dengan slot memori pada komputer.

3. Battery CMOS Laptop


    Battery CMOS laptop dikenal juga sebagai RTC baterai. Baterai CMOS membantu mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun ketika baterai utama dikeluarkan ataupun laptop dimatikan.

4. FAN dan Heatsink Laptop



    FAN dan Heatsink merupakan bagian dari cooling system pada sebuah laptop. FAN ini akan membantu mendinginkan heatsink dan akhirnya mendinginkan chipset yang ada di mainboard. Biasanya kipas pendingin CPU merupakan bagian dari heatsink dan logam inilah yang menyalurkan panas dari chipset.

5. Power Adapter AC/DC


    Power Adapter AC/DC berfungsi untuk mengkonversi daya AC bertegangan tinggi dari sumber listrik utama ke daya DC bertegangan rendah.

6. Battery Laptop


    Baterai berfungsi sebagai penyimpanan daya laptop, sehingga kita tidak selalu mengandalkan listrik dari steker.

7. Harddisk Laptop


    Hardisk laptop berfunfsi sebagai perangkat penyimpanan yang bersifat permanen.

8. VGA Card Laptop


    VGA bertanggung jawab untuk menampilkan gambar pada layar laptop maupun pada keluaran proyektor (melalui port VGA). Jika Video Card mengalami kerusakan, maka harus mengganti semua motherboard.

9. CD/DVD ROM Drive Laptop


    Drive CD/DVD berfungsi untuk membaca (Read) data audio video yang ada pada keeping CD/DVD, juga bisa digunakan untuk merekam atau menulis ke dalam kepingan CD/DVD.

10. Wireless Card Laptop



     Wireless card adalah kartu jaringan nirkabel internal Laptop yang juga dikenal sebagai kartu WLAN atau kartu wifi.





sumber :

3 komentar: